http://www.lacakindonesia.com


Jenderal TNI Djoko Santoso

Panglima TNI


Marsda TNI Sagom Tamboen, S.IP

Kapuspen TNI


Delegasi New York: Dungu Daerah Misi Terberat Di Kongo 

 

Lacakindonesia.com, 14 Juli 2009

Liputan: Siska Kartika

Director of Field Support (DFS) Mr. Banbury Anthony dari Markas Besar PBB di New York mengatakan bahwa Dungu merupakan daerah misi tersulit bagi personel yang sedang melaksanakan tugas di Kongo. Pernyataan itu disampaikan oleh Mr. Anthony saat kunjungannya ke wilayah Dungu hari Senin (13/7/2009). Oleh karena itu pimpinan tertinggi Department of Field Support PBB itu menyampaikan penghargaannya kepada personel sipil dan militer PBB yang telah membangun Dungu sampai menjadi seperti sekarang ini.

Menurut DFS, Dungu merupakan daerah tugas terberat dibanding daerah misi PBB lainnya di Kongo karena memiliki tingkat kerawanan yang sangat tinggi, dimana aktivitas milisi bersenjata kerap mengganggu pelaksanaan tugas personel PBB di wilayah tersebut. Disamping itu, kondisi lingkungan yang masih sangat terbelakang serta minimnya sarana hiburan dan rekreasi menyebabkan tingkat kejenuhan yang tinggi bagi personel PBB yang bertugas disana. Terlebih lagi dengan suhu udara yang cukup menyengat disiang hari (sekitar 40 derajat celcius) serta sulitnya komunikasi karena hanya terdapat satu buah BTS (Base Transceiver Station) di kota Dungu yang berjarak delapan kilometer dari lokasi camp personel PBB menyebabkan sinyal telepon sering timbul tenggelam terbawa angin Dungu yang panas.

Kunjungan DFS ke Dungu merupakan rangkaian kunjungan delegasi Department of Field Support Markas Besar PBB New York ke daerah misi PBB di Kongo. Dalam kunjungan tersebut, DFS didampingi oleh Director of Mission Support Monuc - Mr. Hany Abdel Aziz, Regional Administration Officer wilayah Timur Kongo - Mr. Polcaro Carlos dan Deputy Director of Field Support - Mr. Hills Adrian. Setibanya di bandara Dungu DFS disambut oleh Field Operation Manager Dungu - Mr. Atta Abdulwahab, Komandan Kontingen Maroko, Wakil Komandan Satgas Konga XX-F Mayor Czi Cornelles Rompas, serta Milob dan pekerja sipil UN.

Kunjungan delegasi Markas Besar PBB ke Dungu memiliki agenda untuk melihat Bandara Dungu beserta  fasilitasnya yang tengah dikerjakan oleh Satgas Kompi Zeni TNI Kontingen Garuda XX-F. Rombongan juga berkesempatan melihat lokasi pekerjaan pembuatan Helipad serta mengunjungi lokasi camp Kontingen Indonesia dan Maroko serta pekerja sipil PBB.

DFS menyebutkan bahwa pekerjaan PBB di Dungu merupakan contoh kerjasama yang baik antara sipil dan militer yang tergabung dalam misi Monuc (Mission de l’Organisation des Nations Unies en République Démocratique du Congo/misi PBB di Kongo). Kepada Wakil Komandan Satgas Konga XX-F, Mr. Anthony memuji Kontingen Indonesia atas jerih payahnya membuka isolasi Dungu dengan membangun Bandara mulai dari nol (merambah serta membuka hutan hujan tropis Kongo).

Agenda utama delegasi dari New York tersebut adalah melihat secara langsung pelaksanaan tugas  PBB di Kongo, khususnya wilayah Timur dalam mendukung Operasi Rudia (Operasi gabungan Monuc dan FARDC/Tentara nasional Kongo) dalam mengejar dan menangkap milisi LRA yang menjadi momok diperbatasan Negara Kongo, Sudan dan Uganda. Sesuai mandatnya, peran PBB di Kongo adalah mensupport sepenuhnya tentara pemerintah Kongo dengan memberikan dukungan makanan, bahan bakar minyak, dan proses evakuasi pasukan FARDC.

Untuk mendukung mandat tersebut, rencananya akan dibangun COB (Company Operational Base) di Dungu, Durru dan Faradje. Dan sebagai satu-satunya kontingen yang memiliki kemampuan zeni di wilayah Dungu, Kontingen Garuda XX-F berkewajiban mensupport mandat PBB tersebut dengan memberikan bantuan zeni seperti membangun infrastruktur strategis semisal bangunan, bandara, jalan serta jembatan.

Demikian siaran pers Perwira Penerangan Konga XX-F/MONUC, Kapten Inf Leo Sugandi yang dikirim ke redaksi situs berita Lacakindonesia.com.


 HALAMAN MUKA.


Jenderal TNI Agustadi SP

KSAD


Laksamana TNI Tedjo Edhy Purdijatno

KSAL


Marsekal TNI Subandrio

KSAU


Redaksi: Komp. Pondok Hijau Blok D6 No.9 Ciputat. 15411, Jakarta Selatan.

Copyright @ 2008,  LACAKINDONESIA.COM, All rights reserved