http://www.lacakindonesia.com

 

Laksamana TNI Agus Suhartono

Panglima TNI

 

Laksamana Muda TNI Iskandar Sitompul, S.E.

Kapuspen TNI

 

Kol Cpl. Ir. Minulyo Suprapto, M.Sc, M.Si, M.A.

Kadispenum Puspen TNI

 

Setum TNI Sosialisasikan Pedoman Minu dan Pengelolaan Arsip TNI

Lacakindonesia.com, Jakarta, 12 September 2012

Liputan: Siska Kartika

Organisasi TNI dalam melakukan tugasnya tidak terlepas dari kegiatan administrasi umum yang sejak lahir sampai dengan saat ini banyak menghasilkan produk berupa arsip, dari seluruh kegiatan yang telah dilaksanakan oleh TNI dalam rangka melaksanakan tugas pokoknya. Administrasi Umum TNI merupakan salah satu komponen sistem pembinaan TNI dan Sekretaris Umum (Setum) TNI, dalam hal ini memiliki fungsi sebagai pembina administrasi umum dan tata kearsipan di lingkungan TNI.

Untuk lebih menyempurnakan penyelenggaraan Administrasi Umum di lingkungan Mabes TNI, Setum TNI mengadakan revisi Peraturan Panglima TNI Nomor Perpang/1/II/2007 tanggal 20 Februari 2007 tentang petunjuk Administrasi Umum (Minu) TNI menjadi Pedoman Minu TNI yang disahkan dengan peraturan Panglima TNI Nomor  5 Tahun 2012 tanggal 20 Maret 2012.  Selain itu juga merevisi Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Skep/418/XI/2005 tanggal 10 November 2005 tentang Petunjuk Pengelolaan Arsip TNI menjadi Pedoman Pengelolaan Arsip TNI yang disahkan dengan Peraturan Panglima TNI Nomor Perpang/87/X/2011 tanggal 4 Oktober 2011. Demikian sambutan Kepala Setum (Kasetum) TNI Brigadir Jenderal TNI Prayitno Mansyoer dalam pembukaan Sosialisasi Pedoman Minu dan Pengelolaan Arsip TNI, di Aula Mako Akademi TNI, Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (12/9/2012).

Lebih lanjut Kasetum TNI menyampaikan, dengan adanya Pedoman Minu TNI dan Pengelolaan Arsip TNI yang baru, Setum TNI merasa perlu mengadakan sosialisasi kepada para perwakilan pelaksana administrasi di lingkungan Satuan Kerja Mabes TNI atau Badan Pelaksana Pusat (Balakpus) TNI dan Angkatan, dengan harapan dapat dicapai kesamaan pengertian, bentuk tulisan dinas dan pengelolaan Arsip TNI, sehingga mampu menunjang pelaksanaan tugas sehari-hari dalam rangka pelaksanaan tugas pokok dan fungsi organisasi.

“Adanya revisi mengenai Minu TNI dan pengelolaan Arsip TNI dikarenakan TNI dalam kehidupan berbangsa dan bernegara harus mengikuti peraturan perundang-undangan yang berlaku dalam pemerintahan, sedangkan TNI memilki kekhasan tersendiri karena dihadapkan fungsi yang ada di dalamnya. Hal ini juga berlaku dalam pengelolaan Arsip TNI, arsip tidak boleh beredar sembarangan harus sesuai dengan kriteria dan perlakuannya, maka dengan sosialisasi tersebut seluruh jajaran TNI dapat memiliki kesamaan dan kesadaran dalam Minu dan Pengelolaan Arsip”, tegas Kasetum TNI.

Dalam upaya pembinaannya pada kegiatan sosialisasi tersebut, Setum TNI memberikan buku Pedoman Administrasi Umum TNI yang disahkan dengan Peraturan Panglima TNI Nomor 5 tahun 2012 dan buku Pedoman Pengelolaan Arsip TNI tahun 2011 yang disahkan dengan Peraturan Panglima TNI Nomor Perpang/87/X/2011 tanggal 4 Oktober 2011 kepada seluruh peserta sosialisasi.

Sosialisasi tersebut di ikuti oleh 254 peserta, perwakilan Kesekretariatan baik dari Satker Mabes TNI, Balakpus TNI, dan Kotama TNI serta Angkatan. Adapun beberapa materi yang disampaikan diantaranya Ketentuan Minu TNI, Penggunaan bahasa Indonesia, Kebijakan Kearsipan TNI, dan organisasi dan tugas kearsipan. Turut hadir dalam acara tersebut Kabagminu Setum TNI Kolonel (Caj) H. Ary Soebagijo, S.S., S.E., M.M. dan Kadepo Arsip Setum TNI Kolonel Laut (S) Poedji Santoso.

Sumber: Kadispenum Puspen TNI, Kolonel Cpl. Ir. Minulyo Suprapto, M.Sc, M.Si, M.A.


< HALAMAN MUKA >

 

Brigjen TNI Prayitno Mansyoer

Kasetum TNI

 
 
Peserta sosialisasi

Copyright @ 2012,  LACAKINDONESIA.COM, All rights reserved